Wednesday, May 5, 2010

Biografi - Wing Kardjo


Dilahirkan di Garut pada tanggal 23 April 1937.

Pendidikan: SD dan SMP Negeri Tasikmalaya, SMA. Katolik Garut, B-1 Bahasa Francis, Jakarta (1959). Sambil jadi guru di SMA Kanisius Jakarta, hendak melanjurkan kuliah di UI, tetapi jadi korban pemukulan dalam perpeloncoan hingga terpaksa masuk RSUP bagian syaraf.

Setelah sembuh pindah ke Ciamis, mengajar di SMA Negeri, lalu pindah ke Unpad, menjadi asisten dosen sebelum dikirim ke Paris akhir tahun 1962, untuk memperdalam Bahasa Francis di Institut des Professeurs de Francais a Etranger, Sorbonne, Universite de Paris, dan berhasil mendapatkan heberapa certificat dan Diplome de Litterature Francaise Contemporaine.

Setelah masa beasiswa hahis, pada tahun 1965, ia tidak segera pulang ke tanah air, tetapi terus kuliah sambil bekerja sambilan dan baru pulang pada awal tahun 1968, dan kembali ke almamaternya, Unpad. Pernah mengajar di Seskoad dan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta. la baru resmi menjadi sarjana sastera dengan skripsinya "Les Problemes pratiques de la traduction poetique" tahun 1973.

Pernah duduk sebagai redaksi Indonesia Express, Bandung dan Khatulistiwa/Indonesia Raya, Jakarta.

Pada tahun 1977, menjadi Pembantu Dekan Bidang Mahasiswa, tapi pada tahun itu pula ia memilih kemhali ke Paris untuk mengikuti program doktor. la sempat memhacakan sajak sajaknya di Rotterdam dalam acara Poetry International. Ikut kuliah di Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales, a.l. "Sociologic de Litterature" dan pada hulan ]uli 1981, ia memperoleh gelar "Docteur de Specialite en Etudes Extreme-Orientates" dari Universite Paris VII dengan disertasinya „Sitor Situmorang: la vie et L'Oeuvre d'un poete in indonesien' .

Pulang ke Indonesia, kembali mengajar di Fakultas Sastra Unpad, dan untuk mencukupi nafkah hanyak membantu desk luar negeri Pikiran Rakyat selain sering menulis artikel-artikel mengenai kebudayaan, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya untuk koran dan majalah, baik yang terbit di Jakarta maupun di Bandung. Sempat mampir di Pusat Penelitian Ekonomi dan Sumber Daya Manusia, Fakultas Ekonomi, Unpad.

Pada tahun 1984 hingga 1990, ia diundang ke Jepang sebagai guru besar tamu di Tokyo University of Foreign Studies, dan sejak tahun 1991 sampai sekarang adalah guru hesar pada Tenri University, Tenri, Nara.

Karya-karyanya yang sudah diterbitkan hanya sedikit, al. Sajak-sajak Perancis Modern dalam Dua Bahasa (Pustaka Jaya, 1972), Selembar Daun (Pustaka Jaya,1974), Perumahan (Budaja Djaja, 1975), dan Pangeran Kecil/Antoine St. Exupery (Pustaka Jaya, 1979).

Sajak-sajaknya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Belanda, Jepang, dan Korea.

Sedangkan Topeng, Sang Naga/Yevgeny Schwartz, Komedi/Samuel Beckett, Woyzeck/George Buchner, Genderang/Rainer Zimnek, dan Perjalanan ke Tokyo/Yasujiro Ozu adalah naskah naskahnya yang belum diterbitkan.

Anda sedang membaca kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Biografi - Wing Kardjo dan anda bisa menemukan kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Biografi - Wing Kardjo ini dengan url http://kumpulankaryapuisi.blogspot.co.id/2010/05/biografi-wing-kardjo.html,anda juga bisa meng-click kumpulan/contoh/artikel/puisi/sajak/pantun/syair/tentang/tema/bertema/judul/berjudul Biografi - Wing Kardjo Tetapi dilarang merubah isi maupun mengganti nama penyair/pengarang nya karena bertentangan dengan HAKI, semoga anda ter-inspirasi dengan karya Biografi - Wing Kardjo salam Karya Puisi

0 comments:

Post a Comment

Loading
 

kumpulan karya Puisi | Copyright 2010 - 2016 Kumpulan Karya Puisi |